Home NASIONAL 9 Buruh Terluka Bakar Akibat Meledaknya Tungku Peleburan Baja PT JMI di...

9 Buruh Terluka Bakar Akibat Meledaknya Tungku Peleburan Baja PT JMI di Mojokerto

66
0

9 Buruh Terluka Bakar Akibat Meledaknya Tungku Peleburan Baja PT JMI di Mojokerto – Tungku peleburan milik pabrik baja PT Jaya Mestika Indonesia (JMI) di Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto, tiba-tiba saja meledak pada Selasa (9/6/2020) dini hari tadi. Ledakan tersebut mengakibatkan 9 buruh pabrik baja itu mengalami luka bakar.

Salah seorang korban atas nama Siswoyo (46) mengatakan bahwa tungku yang biasa digunakan untuk memproduksi baja tiba-tiba saja meledak sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi. Saat kejadian itu, setidaknya ada sekitar 10 orang pekerja yang sedang berada di dekat tungku peleburan logam itu.

Kerasnya suara ledakan dari tungku itu membuat warga yang ada di sekitar pabrik seketika langsung terbangun dan berbondong-bondong mendatangi lokasi kejadian. Sejumlah warga sempat melihat peristiwa itu dari pintu gerbang pabrik baja yang berada di Dusun Dempel, Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Seorang buruh asal Desa Segunung, Kecamatan Dlanggu itu ketika ditemui di IGD RSI Sakinah, Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko pada Selasa (9/6/2020) mengatakan bahwa setelah selesai ngelab untuk ngetes-ngetes cairan, tiba-tiba saja tungkunya meledak. Dirinya juga mengaku sempat terkena pantulan besi pada bagian kepala belakang, namun sekarang kondisinya sudah membaik.

Dokter IGD RSI Sakinah dr Enriko Hartono mengatakan bahwa ada 6 orang yang merupakan korban dari peristiwa ledakan tungku PT JMI yang kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit. Menurutnya, para korban mengalami luka bakar dan luka akibat benturan dari ledakan itu.

dr Enriko menjelaskan bahwa luka bakar yang dialami oleh para korban rata-rata 18-20 persen. Dari enam pasien yang datang ke rumah sakit, tiga diantaranya menjalani rawat inap.

Sementara itu, Kapolsek Dlanggu AKP Airlangga Pharmady menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dari kecelakaan kerja di PT JMI yang terjadi pada dini hari tadi. Menurutnya, buruh pabrik baja yang mengalami luka-luka akibat kecelakaan kerja itu ada sekitar 9 orang.

AKP Airlangga mengatakan sementara itu, untuk penyebab ledakan tungku baja di PT JMI itu sendiri masih dalam penyelidikan kami.