Home NASIONAL Admin Grup Facebook STM Se-Jabodetabek Terancam 6 Tahun Bui

Admin Grup Facebook STM Se-Jabodetabek Terancam 6 Tahun Bui

29
0
Hasut demo rusuh

Indozola – Dirtipidum Bareskim Polri bersama Polda Metro Jaya menangkap 2 admin grup Facebook STM Se-Jabodetabek dan 1 admin instagram @panjang.umur.perlawanan. Ketiga admin tersebut diduga kuat menjadi provokator demo ricuh untuk menolak Omnimbus Law.

Dirtipidum Bareskim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo juga mengatakan jika ketiganya akan dijerat dengan pasal berlapis. Polisi dapat menjerat para pelaku dengan 8 pasal.

“Diterapkan pasal berlapis, penangkapan tersebut atas pengembangan pelaku-pelaku yang ditangkap saat demo anarkis pada tanggal 8 dan 13 Oktober.” ungkap Ferdy melalui keterangannya, Selasa (20/10).

Admin Grup Facebook STM Se-Jabodetabek Terancam 6 Tahun Bui

Ketiga tersangka yang dimaksud berinisial SN (17), MLAI (16), dan WH (16). Mereka diduga melakukan hasutan di Facebook dan Instagram agar demo berjalan ricuh.

Oleh karena itu mereka akan dijerat Pasal 160 KUHP, Pasal 170 KUHP, Pasal 214 KUHP, Pasal 211 KUHP, Pasal 212 KUHP, Pasal 216 KUHP, Pasal 218 KUHP, Pasal 358 KUHP , Pasal 55, 56 KUHP 28 ayat 2 , Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dalam Pasal tersebut berbunyi :

Barang siapa di muka umum dengan lisan atau tulisan menghasut supaya melakukan perbuatan pidana, melakukan kekerasan terhadap penguasa umum atau tidak menuruti baik ketentuan undang-undang maupun perintah jabatan yang diberikan berdasar ketentuan undang-undang, diancam dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Sumber