Home NASIONAL Akibat berpose Jari ala Capres, 5 Pengawas Pemilu langsung Dipecat

Akibat berpose Jari ala Capres, 5 Pengawas Pemilu langsung Dipecat

81
0

Lima anggota pengawas pemilihan umum kelurahan/desa di daerah Aceh Tamiang, Aceh, dipecat karena mereka dengan sengaja foto berpose jari ala capres tertentu yang sedang viral di media sosial. Mereka langsung diberhentikan karena jelas jelas melanggar kode etik sebagai penyelenggara pemilu.

“Mereka sudah diberhentikan, sebagai pengawas pemilu wajib menjaga etika dan netralitas, mereka pengawas di lima desa di Kecamatan Kejuruan Muda,” kata Imran sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Aceh Tamiang, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2019).

Proses pemberhentian ini dilakukan kemarin pada hari Senin, 15 April 2019, kemarin setelah melewati berbagai proses kajian dan persidangan dengan dugaan ketidaknetralan digelar. Menurut Imran, kelima pengawas desa itu sedang foto bersama dengan jari menunjukkan kode dukungan terhadap pasangan calon presiden tertentu.

“Mereka berpose sehabis apel siaga pengawasan masa tenang dan pengawasan politik uang, yang diselenggarakan di halaman Kantor Pengawas Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang,” jelas Imran.

Setelah foto mereka menjadi viral di media sosial, pihaknya kemudian langsung melakukan penelusuran. Setelah diselidiki, foto itu kemudian diunggah di aplikasi WhatsApp milik seorang Panwas.

“Kita langsung memanggil dan memproses. Tidak ada toleransi bagi jajaran siapaun yang melanggar, kenetralan jajaran pengawas pemilu, dalam bersikap, tingkah laku dan ucapan juga perbuatan adalah hal yang utama yang harus dijaga,” ungkap Imran.

“Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang berkomitmen untuk menjaga jajaran agar kejadian ini tidak sampai terjadi lagi di masa depan, dan berharap kepada masyarakat untuk selalu memantau gerak-gerik Pengawas di tingkat kecamatan, kelurahan/desa, sampai dengan  pengawas TPS, jika ditemukan adanya indikasi  yang tidak netral, segeralah laporkan ke Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang. Kami akan segera menindaklanjutinya,” ungkapnya.