Home INTERNASIONAL Banjir Terjang Pulau Evia Yunani, 3 Orang Tewas Termasuk Seorang Bayi

Banjir Terjang Pulau Evia Yunani, 3 Orang Tewas Termasuk Seorang Bayi

32
0

Banjir Terjang Pulau Evia Yunani, 3 Orang Tewas Termasuk Seorang Bayi – Hujan lebat yang mengakibatkan banjir di pulau Evia, Yunani telah menewaskan tiga orang, satu diantaranya seorang bayi. Selain menelan korban jiwa, banjir tersebut juga merusak puluhan rumah dan menutup akses jalan.

Berdasarkan laporan yang diperoleh pada Minggu (9/8/2020), sesosok bayi yang masih berusia 8 bulan itu ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa di sebuah rumah di Desa Politika. Seorang Juru Bicara Dinas Pemadam Kebakaran mengatakan bahwa orang tua bayi tersebut tidak terluka.

Selain bayi, petugas juga menemukan ada seorang pria dan wanita, dengan usia sekitar 80 tahun. Keduanya ditemukan dalam kondisi tidak sadarkan diri oleh petugas pemadam kebakaran di dua rumah yang berbeda namun di desa yang sama. Mereka sempat dibawa ke rumah sakit tetapi sayangnya nyawa keduanya tidak bisa tertolong saat sampai di rumah sakit.

Banjir bandang juga menutup jalan-jalan di barat Evia, yang berada sekitar 100 kilometer (60 mil) timur laut Athena. Dikabarkan bahwa akibat peristiwa itu, beberapa turis tidak bisa meninggalkan sebuah tempat perkemahan yang ada di pulau itu.

Seorang anggota parlemen di wilayah Yunani tengah, Ana Fanis Spanos mengatakan kami mengalami mimpi yang buruk, kami melakukan segala cara yang mungkin bisa mengatasi banjir.

Sebelumnya diketahui, Badai Thalia telah menghantam sejumlah wilayah yang ada di daratan Yunani pada Sabtu (8/8/2020) kemarin. Desa Politika dan sejumlah desa yang ada di sekitarnya terdampak paling parah, mobil pemadam kebakaran juga sempat mengalami kesulitan untuk mencapai lokasi yang terdampak.

Banjir itu terjadi karena meluapnya dua sungai dan memenuhi jalan dengan lumpur. Lantai dasar rumah warga juga banyak yang terendam banjir.

Sekitar 100 petugas pemadam kebakaran dan dua unit helikopter serta penjaga pantai diterjunkan ke lokasi kejadian untuk menyelamatkan para korban yang terjebak. Banjir memang sering terjadi di Yunani, hal itu disebabkan karena kurangnya kontrol yang memadai terhadap sektor konstruksi dan perencanaan lahan.

Pada November 2017 silam, banjir juga telah menewaskan 24 orang di Mandra yang merupakan sebuah desa yang terletak di kawasan industri 30 kilometer sebelah barat Athena. Semburan lumpur pun menghujani ribuan bangunan, rumah, toko, hingga pabrik.