Home NASIONAL Bupati Ciamis Tegaskan Pasien Positif COVID-19 Tetap Akan Punya Hak Pilih Dalam...

Bupati Ciamis Tegaskan Pasien Positif COVID-19 Tetap Akan Punya Hak Pilih Dalam Pilkades

121
0

Bupati Ciamis Tegaskan Pasien Positif COVID-19 Tetap Akan Punya Hak Pilih Dalam Pilkades – Pihak dari Pemerintahan Kabupaten Ciamis telah menyatakan jika para pasien positif COVID-19 akan tetap mempunyai hak pilihnya pada ajang Pilkades Serentak yang akan digelar pada tanggal 19 Desember 2020 yang akan datang. Beberapa persiapan juga sudah dilakukan yang diantaranya untuk bisa mengantisipasi atas penyebaran dari virus COVID-19 tersebut.

Diketahui pada Kabupaten Ciamis itu telah terdapat 143 desa yang ada di 27 Kecamatan yang akan mengikuti Pilkades serentak yang akan datang tersebut, dengan sebuah jumlah yang terbesar pada urutan ke 3 di Indonesia yang akan melakukan Pilkades pada tahun 2020. Diketahui jika pada saat ini para pasien yang positif akan virus COVID-19 sudah tersebar pada 23 Kecamatan sekitar.

Meskipu begitu, Dari Bupati Ciamis Herdiat Sunarya juga sudah menghimbau kepada para panitia penyelenggara agar segera mencarikan teknisi terbiak untuk sebuah proses dari pengambilan suara kepada para pasien COVID-19, untuk mengantisipasi atas adanya sebuah penularan dari virus tersebut.

Herdiat juga menegaskan jika para pasien yang sudah terkonfirmasi positif dari virus itu juga sudah memenuhi syaratnya dan juga akan tetap memiliki sebuah hak pilihnya. Sebaiknya para petugas juga melakukan penjemputan dan jangan diperbolehkan untuk datang ke TPS tersebut. Akan tetapi itu semua juga harus dilakukan sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang disiplin, agar tidak dapat menimbulkan sebuah penularan dari virus tersebut.

Diperuntukkan bagi para pemudik yang mempunyai rencana untuk pulang dan akan mengikuti pencoblosan dari Pilkades itu sebaiknya mereka pulang seminggu sebelum dilaksanakan Pilkades tersebut. Dan mereka semua juga sudah diwajibkan agar segera melakukan sebuah isolasi mandiri terlebih dahulu sebelum menuju ke TPS tersebut.

Bukan hanya itu saja, pihak Pemkab Ciamis juga segera akan melakukan sebuah tes dari virus COVID-19 kepada para panitia dari Pilkades serentak yang akan segera digelar tersebut. Baik dilakukan tes rapid ataupun tes swab. Semua itu bertujuan agar bisa memberikan sebuah rasa yang nyaman untuk para warga yang akan menyalurkan sama sama hak pilihnya tersebut.

Pelaksanaan dari Pilkades serentak yang ada di Ciamis itu akan digelar pada tanggal 19 Desember 2020 yang akan datang.