Home NASIONAL Diduga Korsleting Listrik, Kamar Tamu di Sebuah Rumah di Depok Terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Kamar Tamu di Sebuah Rumah di Depok Terbakar

30
0

Kebakaran melanda sebuah kamar tamu yang ada di dalam rumah di Jalan Tungkal IV RT 02 RW 05, Baktijaya, Sukmajaya, Depok. Adapun penyebab dari insiden kebakaran itu diduga adanya korsleting listrik.

Menurut keterangan dari Kabid Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok bernama Welman Naipospos, peristiwa kebakaran yang melanda kamar tamu sebuah rumah terjadi pada Kamis (19/5/2022), sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Saat kejadian sang pemilik diketahui sedang tidur di lantai yang berbeda.

Welman saat dimintai konfimasi pada Kamis (19/5/2022) mengatakan jadi yang hangus dilalap si jago merah itu adalah ruang tidur yang ada di lantai bawah. Adapun penyebab kebakaran itu sendiri diduga karena adanya korsleting arus pendek listrik. Alhamdulillah, pemilik rumah selamat karena pada saat kejadian mereka tengah tidur di lantai atas rumah. Sementara yang terbakar itu ruang kamar di lantai bawah

Welman menuturkan sang pemilik rumah sempat keluar untuk meminta pertolongan kepada warga sekitar. Waktu itu, warga sempat membantu melakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Welman menambahkan awalnya sang pemilik rumah sempat mencium bau seperti ada yang terbakar, setelah dicek ternyata kamar di lantai bawah rumahnya yang terbakar. Kemudian, dia teriak keluar rumah untuk meminta tolong. Warga sekitar bersama relawan pun turut membantu memadamkan api. Beruntung, api tidak sampai menjalar hingga ke ruang tamu.

Sebanyak sembilan petugas damkar dari Pos Merdeka diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu memadamkan kobaran api. Api kemudian berhasil dipadamkan selang 1 jam kemudian

Welman menuturkan sekitar pukul 03.30 WIB kondisi sudah aman terkendali. Adapun luas area yang hangus dilalap si jago merah sekitar 120 meter (persegi). Sebanyak 4 orang penghuni rumah yang terdiri dari 2 laki-laki dan 2 perempuan berhasil selamat.

Petugas damkar sempat mengalami kesulitan untuk bisa sampai ke TKP karena kondisi jalan yang sempit dan adanya portal penjaga. Meski demikian, api berhasil dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke area lain yang ada di dalam rumah.

Welman menambahkan kendalanya itu yakni ketika pandemi COVID-19 itu kan jalanan di portal semua. Beruntung, api tidak sampai menjalar ke ruang tamu. Kami sudah pastikan apinya sudah padam semua, baru kemudian kami mengecek ke bagian lainnya.