Home NASIONAL Fenomena Ikan Pari Raksasa Langka Mabuk di Sungai Musi Karena Air Mengandung...

Fenomena Ikan Pari Raksasa Langka Mabuk di Sungai Musi Karena Air Mengandung Belerang

8
0

Fenomena Ikan Pari Raksasa Langka Mabuk di Sungai Musi Karena Air Mengandung Belerang – Warga dihebohkan dengan fenomena ikan mengambang atau mabuk di aliran Sungai Musi, tepatnya di Musi Banyuasin, Sumatera selatan (Sumsel). Ikan tersebut mabuk karena airnya mengandung belerang.

Sungai Musi yang mengandung belerang baru diketahui usai pihak Dinas Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, hingga Dinas Kesehatan Musi Banyuasin terjun langsung ke lokasi. Tiga dinas tersebut juga memastikan kalau ikan tersebut tidak mati, tetapi hanya mabuk.

Plt Kepala Dinas Perikanan, Hendra Tris Tomy, saat dihubungi pada Jumat (26/6/2020) mengatakan tim kita sudah terjun langsung ke lokasi, kejadian itu terjadi diduga akibat air yang sangat keruh. Sehingga insang ikan itu tertempel lumpur, sehingga membuat mata ikan tidak bisa melihat.

Melihat fenomena tersebut, ketiga dinas itu mulai mengambil sampel air sungai untuk dilakukan tes. Tidak ada parameter yang menunjukkan kualitas air yang ekstrem.

Tomy mengatakan meski demikian, kami akan tetap melakukan koordinasi dengan DLH untuk mengecek parameter yang akan dites di laboratorium DLH.

Tomy menyebut dari hasil pengamatan, tampak secara fisik insang ikan berwarna merah. Tetapi ditempeli lumpur, bahkan daging ikan terlihat kenyal atau tidak lembut.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andi Wijaya Busro dan Kepala Dinas Kesehatan dr Azmi mengatakan bahwa air Sungai Musi sangat keruh. Bahkan terdapat kandungan belerang (H2S) dan padatan tersuspensi total (TSS) di atas baku mutu di Sungai Musi.

Kami pun mengimbau kepada masyarakat bantaran sungai agar sementara waktu  tidak mengkonsumsi air Sungai Musi secara langsung.

Sebelumnya diberitakan, penemuan ikan pari air tawar raksasa yang langka membuat heboh warga Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Selain ikan pari, rupanya banyak ikan lain yang ada di Sungai Musi dalam kondisi mabuk dan mati.

Plt Kepala Dinas Perikanan Musi Banyuasin Hendra Tris Tomy, pada Kamis (25/6) mengatakan sebenarnya sejak beberapa hari terakhir ini sudah banyak ikan yang mabuk di perairan Sungai Musi. Selain ikan pari raksasa, ada juga ikan patin berukuran besar yang mabuk di Sungai Musi tersebut.