Home YANG LAGI HANGAT Gempa Filipina Tewaskan 5 Orang, Puluhan Lain nya Luka-luka

Gempa Filipina Tewaskan 5 Orang, Puluhan Lain nya Luka-luka

46
0

Lima orang di laporkan tewas dan puluhan lainya luka-luka akibat gempa yang melanda Filipina selatan.

Gempa berkekuatan 6,4 yang melanda wilayah Mindanao itu juga menimbulkan puluhan rumah ruska para, bahkan rata dengan tanah.

Pihak berwenang melaporkan , setidaknya lima orang tewas dan 53 lainya luka-luka.

Tiga korban tewas akibat tanah longsor dan satu orang tertimpa dinding bangunan runtuh. Sementara satu lainya meninggal akibat serangan jantung yang fatal, menurut Dewan Nasional Manajemen dan Pengurusan Risiko Bencana.

Kantor seismologi Filipina telah mencatat lebih dari 300 gempa susulan dengan getaran yang lebih lemah dari gempa utama, namun pihak berwewenang mengatakan tidak memperkirakan jumlah korban akan meningkat secara signifikan.

Juru bicara dewan kebencanaan, Mark Timbal, mengatakan kepada televisi lokal bahwa mereka belum menerima laporan tentang orang hilang di daerah yang di lenda gempa.

”Orang-orang telah kembali kerumah. Mereka baik-baik saja sekarang, tidak seperti tadi malam saaat ketakutan dan tidur di jalan-jalan si samping rumah mereka,” kata petugas keamanan sipil kota Magaysay,Zaldi Oritiz, kepada AFP.

Pemerintah setempat mengumumkan meliburkan sekolah dan kantor-kantor pemerintah di Magsaysay, ditempat terjadinya tanah longsor, untuk memungkinkan petugas pengawas bangunan memriksa keruskan pada struktur bangunan.

Aliran listrik sedang dipulihkan di kota- kota besar,sementara kerusakan yang cukup signifikan dilaporkan ditemukan pada beberapa banguanan rumah sakit, gedung pemerintah, sekolah,gereja, dan rumah rumah warga.

Di kota General Santos, petugas pemadam kebakaran, pada Kamis (17/10/2019), telah berhasil memadamkan api muncul di pusat perbelanjaan tak lama setelah gempa.

Gempa yang terjadadi pada Rabu malam itu berpusat di kota Cotaboto, sekitar 67 kilometer barat daya Devao.

Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa termasuk gempa dengkal dengan kedalaman 12 kilometer, sehingga menyebabkan kerusakan lebih besar.

Filipina yang ada di jalur Cincin Api Pasifik menjadi salah satu negara rawan bencana dan sering mengalami gempa maupun aktivitas vulkanik.

Pada 1990,gempa berkekuatan 7,7 sempat mengguncangkan wilayah di Filipina utara dan menewaskan hampir 2.000 orang.

Enam bulan lalu, setidaknya 11 orang tewas akibat dua gempa besar yang mengguncang Filipina dalam dua hari berturut-turut.

Jangan Lupa di Share y Biar yang lain pada tau, salam indozola