Home INTERNASIONAL Honduras Resmi Akui Yerussalem Ibu Kota Israel

Honduras Resmi Akui Yerussalem Ibu Kota Israel

29
0

Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez mengatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Hernandez mengatakan akan membuka kantor dagang di sana tapi ia belum berencana memindahkan kedutaan besar.

“Hari ini saya umumkan langkah pertama, yang mana untuk membuka kantor perdagangan di Yerusalem, ibu kota Israel, dan memperpajang kedutaan besar kami di Tel Aviv,” kata Hernandez dalam pernyataan yang dirilis pemerintahnya, Senin (25/3).

Dilansir dari AFP . Rabu 28/08/2019 kanotr diplomatic di kota yang disengketaktanitu akan menajadi  perpajangan dari kedutaan Honduras yang berabis di Tel Aviv.

“Bagi saya itu pengakuan bahwa Yerusalem adalahlah ibu kota Israel,” kata hernandez.

Hal ini pun membuat Kementrian luar negri Honduras  mengusulkan agar Honduras memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem yang sedang dianalisis dan dievaluasi dakan konteks internasional dan nasional.

Presiden AS Donald Trump memicu kemunduran dalam hubungan antara Washington dan otoritas Palestina tahun lalu. Hal itu terjadi akibat AS memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Selain AS, negara yang juga telah memindahkan kantor kedutaan besarnya untuk Israel di Yerusalem adalah Guatemala dan Paraguay, meski negara yang disebut terakhir membalikkan keputusannya setelah empat bulan.

Pemerintah Brasil juga disebut tengah mempertimbangkan untuk memindahkan kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, meski belum ada kepastian hingga saat ini.

Israel mengklaim seluruh wilayah Yerusalem sebagai ibu kotanya, sementara Palestina memandang wilayah Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan negara mereka.

Secara tradisional, sebagian besar misi diplomatik negara-negara asing untuk Israel berada di Tel Aviv karena negara-negara mempertahankan sikap netral atas status Yerusalem.

Jangan lupa untuk di bagikan dan tinggalkan comment
Salam INDOZOLA.