Home NASIONAL Inilah Sumur Keramat Di Makam Medeleg Jombang Yang Dikenal Angker

Inilah Sumur Keramat Di Makam Medeleg Jombang Yang Dikenal Angker

35
0

Inilah Sumur Keramat Di Makam Medeleg Jombang Yang Dikenal Angker – Sebuah makam Medeleg yang ada di Kabupaten Jombang sudah terkenal sangat angker dan sudah menjadi tujuan para orang orang untuk melakukan sebuah ritual. Diketahui jika ada sebuah bangunan yang merupakan sumur yang ada dimakam keramat tersebut.

Sumur yang ternyata sudah dikeramatkan itu ada pada bagian belakang makam Medeleg yang ada pada wilayah Dusun Mendeleg, Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang. Diketahui jika sebuah bangunan itu juga sudah dikelilingi oleh tembok bersama dengan pagar besi.

Diketahui jika atapnya tesebut juga dari seng, sebuah bangunan itu juga sudah dibuat dari bata merah kuno dengan disusun melingkar seperti dinding pada sumur tersebut, dan dengan diameter sekitaran 2 meter.

Tempat tersebut juga sering dipakai para pengunjung untuk melakukan sebuah ritual dengan berbagai tujuan. Sebuah bangunan itu juga sudah dikeramatkan semenjak tahun 1960an.

Banyak para pengunjung yang datang pada makam Madeleg tersebut dari Luar Kabupaten Jombang, diantaranya seperti dari pulau dewata Bali, Surabaya, Makassar, Kalimantan, Malang, Jakarta bersama dengan Padang.

Salah satu seorang tokoh agama yang ada di Dusun Deleg bernama Abdul Hafid mengatakan jika itu bukanlah sebuah sumur, akan tetapi sebuah pohon jenis belimbing yang sudah ambruk pada sekitaran tahun 1964 tempo dulu.kayunya itu juga dari bekas bangku dari sekolah dahulu. Sesungguhnya tidak ada apa apa sama sekali dan orang orang saja yang sudah menyukai mistis saja.

Kepala Desa Tampingmojo Nurus Sa’adah juga sudah membenarkan jika sebuah bangunan itu memang sudah dikeramatkan selama ini ternyata bukan sumur, melaikan beberapa bata merah kuno yang sudah disusun melingkar yang menyerupai dinding sumur tersebut.

Dirinya juga merasa heran yang masih banyaknya orang dari luar Desa Tampingmojo yang sudah mengeramatkan makam Madeleg tersebut, ternyata sebuah bangunan yang sudah dikeramatkan tersebut ialah hanya batu merah kuno yang sebelumnya sudah berserakan pada area makam, yang sudah disusun dengan menyerupai dinding sumur oleh seorang penggemar ilmu kebatinan tempo dulu.

Sebuah temuan dari bata merah itu juga sering dikaitkan dengan Kerajaan Mataram, Akan tetapi tidak ada peninggalan yang akan bisa membuktikan atas semua tersebut.