Home CORONA Kamu Bebal saat Lockdown Corona? Maka kamu akan dipanggil Covidiot

Kamu Bebal saat Lockdown Corona? Maka kamu akan dipanggil Covidiot

183
0
Covidiot

Indozola – Diteungah pandemi virus Corona atau yang disebut COVID-19 dalam istilah Medis, beberapa negara telah memberlakukan lockdown untuk memutuskan rantai penularan virus tersebut.

Namun tetap aja ada warga yang selalu bebal dan keluar rumah dengan mengabaikan lockdown maupun tidak menghiraukan imbauan untuk melakuan social distancing. Nah orang-orang tersebut kini memiliki istilah baru yang diberi nama : Covidiot.

Covidiot merupakan gabungan dari dari COVID-19 dan Idiot. Menurut Urban Dictionary, kamus bahasa gaul dunia, kedua istilah ini mempunyai dua arti.

COVID-19
Social Distancing

Arti pertama bisa diartikan sebagai seseorang yang mengabaikan peringatan yang berkaitan dengan kesehatan maupun keselamatan publik. Arti kedua bisa disematkan pada mereka yang menimbun barang-barang kesehatan, dan tidak membagikan barang tersebut.

Sedangkan di Media Sosial seperti Twitter, Covidiot diartikan sebagai orang bodoh dan keras kepala yang mengabaikan aturan social distancing, sehingga secara tidak langsung membantu penyebaran COVID-19.

Kata ini kini menjadi populer dan digunakan netizen sebagai bentuk kegeraman mereka terhadap orang yang tidak peduli dengan social distancing tersebut sehingga tagar #covidiot mulai banyak bermunculan di Twitter.

Jadi jika anda tidak ingin dipanggil Covidiot, silahkan mengikuti aturan dari pemerintah dengan tetap berada di rumah atau social distancing demi mencegah penularan virus COVID-19.

Social Distancing
Pemberlakuan Social Distancing di Jakarta

Hal ini dikarenakan meski seseorang merasa sehat, dia dapat menjadi “invisible carrier” yang membawa virus dan menularkannya ke orang lain meskipun hal itu tidak disengaja. Hal ini jugalah yang membuat banyak negara memberlakukan aturan lockdown. Beberapa negara bahkan menurunkan kekuatan militer dan kepolisian untuk menjaga aturan ini tetap dipatuhi masyarakatnya.