Home NASIONAL Kesal Hutang Rp 20 Juta Tak Dibayar, Pria di Sambas Kalbar Tewas...

Kesal Hutang Rp 20 Juta Tak Dibayar, Pria di Sambas Kalbar Tewas Dibacok

196
0

Kesal Hutang Rp 20 Juta Tak Dibayar, Pria di Sambas Kalbar Tewas Dibacok – Satu orang tewas akibat pembacokan sadis terjadi di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar). Peristiwa itu terjadi gara-gara pelaku berinisial SPD (39) merasa kesal karena korban tidak membayar utang sebesar Rp 20 juta.

Aksi pembacokan sadis itu terjadi pada Kamis (4/6/2020) sekitar pukul 13.00 WIB tepatnya di Jembatan Sungai Kelambu, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar). Korban tewas diketahui atas nama Asnan (50), yang merupakan warga Dusun Sidang, Desa Matang Labong.

Kasat Reskrim Polres Sambas AKP Prayitno saat dimintai konfirmasi mengatakan bahwa korban mengalami luka bacok pada bagian kaki pergelangan sebelah kanan dan luka robek bagian kepala depan serta tulang rusuk kanan patah sehingga korban meninggal dunia ketika menjalani perawatan di Puskesmas Tebas.

AKP Prayitno mengatakan motif penyerangan dan pembacokan itu diduga karena pelaku merasa tersinggung atau kecewa atas janji-janji yang diberikan oleh korban yang tak kunjung membayar hutang. Bahkan, pelaku juga sempat berencana akan memotong bagian kaki dan tangan korban supaya tidak menipu lagi.

Peristiwa sadis itu terjadi bermula saat korban Asnan berhutang kepada pelaku sebesar Rp 20 juta pada tahun 2019 yang akan digunakannya sebagai modal usaha jual beli ayam potong dengan sistem bagi hasil. Akan tetapi hingga kini tidak kunjung ada realisasinya.

Ketika pelaku menagih uangnya, korban terus-terusan memberikan janji untuk melunasi tetapi tak kunjung dibayarkan juga. Pelaku kemudian berangkat dari rumahnya dengan membawa sebilah parang sekitar pukul 05.00 WIB, dan menunggu korban di jembatan.

AKP Prayitno mengatakan kemudian sekitar pukul 13.30 WIB atau ketika korban melaju dari arah Sungai Kelambu menuju ke Desa Matang Lahong tiba-tiba langsung dihadang oleh pelaku. Setelah bertemu, pelaku langsung membacok korban secara membabi buta.

Setelah beraksi, pelaku kemudian langsung menyerahkan diri ke Mapolsek Tebas sekitar pukul 14.40 WIB. Atas perbuatannya itu, pelaku akan dijerat dengan Pasal 338 atau Pasal 340 KUHP atau Pasal 351 ayat (1) tentang Pembunuhan Berencana dan terancam hukuman 20 tahun kurungan penjara atau hukuman mati.

AKP Prayitno mengatakan pelaku saat ini sudah diamankan dan diperiksa oleh tim penyidik untuk diperiksa lebih lanjut.