Home YANG LAGI HANGAT Keutamaan Niat Puasa Tarwiyah Menjelang Idhul Adha Di Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Niat Puasa Tarwiyah Menjelang Idhul Adha Di Bulan Dzulhijjah

34
0
Puasa Dzulhijjah

INDOZOLA – Memasuki bulan Dzulhijjah yang datang pada tanggal di tanggal 9/8/2019 ini, Biasanya setiap umat islam di sarankan berpuasa bagi yang bisa menjalankannya.

Dalam ajaran Islam Sunnah yang harus dilakukan ialah menjalankan ibadah puasa tarwiyah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzhulhijjah dan juga puasa arafah yang di lakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. dan Sunnah melaksanakan ibadah puasa arafah atau tarwiyah atau pun hanya bisa dilakukan oleh umat muslim yang sedang tidak menjalankan ibadah haji.

Memang dalam ajaran islam ini hukumnya sunnah,tapi disarakan , agar seluruh muslim bisa menjalankanya. apa lagi sebelumnya kita sudah mengerti tentang keistimewaan puasa arafah atau puasa 9 Dzullhijjah, karna bagi siapapun yang menjalankannya di yakinin dosa nya selama satu tahun bisa terhapus . sedangkan keistimewaan puasa tarwiyah yaitu menghapus catatan dosanya selama 2 tahun. Maka dari itu umat muslim di anjurkan harus melaksanakan ibadah ini , agar dosa – dosanya bisa terhapuskan.

Dan jangan lupa juga untuk niat nya, meskipun ini hanya puasa sunah tapi ada juga syart dan niat yang harus di utamakan lebih dahulu agar puasa tarwiyah Idul Adha akan di terima.

Salah satu syartnya adalah niat puasa Tarwiyah Idul Adha yang harus dilakukan dengan benar. dan bagi kalian yang belum tau lafadz atau pun niat puasa tarwiyah , berikut akan kami sampaikan .

نويتُ صومَ تَرْوِيَة سُنّةً لله تعالى
(Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala)
Artinya, “Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.”

Sama Halnya dengan bacaan niat puasa arafah 9 Dzulhijjah yang sudah kami sampaikan sebelumnya, lafadz niat puasa tarwiyah idul adha juga bisa di bilang sangatlah mudah untuk di ingat ataupun di hafal. bahkan bagi umat muslim , puasa arafah ataupun puasa Tarwiyah juga sangtlah di anjurkan untuk ikut serta merasakan nikmat yang sedang di rasakan oleh para jamaah haji, dilain sisi, hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah merupakan sebuah hari yang sangat istimewa sebagaimana sabda Abnu Abbas R.a meriwayatkan Rasullah S.A.W yang berbunyi.


ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Artinya : ” Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijah. Para sahabat bertanya : Ya Rasullah! Walaupun jihad di jalan Allah ? Rasullah menjawab : Walau Jihad pada jalan Allah kecuali seorang yang keluar dengna diriinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama -lamanya (menjadi syahid).”(HR.Bukhari).

Dengan kita mengetahui keutamaan yang melimpah dari melaksanakan ibadah puasa tarwiyah. tentu saja kita akan bisa mendapatkan pahala yang berlipat.Namun untuk lebih memantapkan puasa tarwiyah.

Bagi kalian yang masih bertanya tentang ke istimewaan puasa Idhul Adha ini , selagi kami ingatkan kembali. Selain mendapatkan pahala yang besar bagi yang menjalankanya. puasa tarwiyah kita juga akan memperoleh keistimewaan yang cukup banyak salah satu tahun ,yaitu dosa yang telah kita buat sebelum puasa tarwiyah kita lakukan sebagaimana keterangan pada sebuah hadits yang menyebutkan :

Berbeda dengan niat puasa ramadhan yang diperbolehkan untuk di baca di awal bulan Ramadhan setelah selesai sholat tarawih berjamaah, untuk puasa tarwiyah hanya bisa di lakukan sebelum fajar datang dimana hari tarwiyah itu datang atau tepatnya tanggal 8 Dzulhijjah.

Hanya itu yang bisa kami sampaikan tentang Ibadah Puasa Idhul adha di bulan Dzulhijjah ini .

Jangan lupa tinggalkan komen,like dan share agar Artikel ini bermanfaat untuk orang – orangyang membutuhkan.

Share Gratis dan kita juga mendapatkan Pahala karna sudah membantu untuk menunjukan suatu kebaikan .