Home NASIONAL Komplotan Pencuri Bobol Mobil Pejabat Dinas Pertanian Sragen, Duit Rp 80 Juta...

Komplotan Pencuri Bobol Mobil Pejabat Dinas Pertanian Sragen, Duit Rp 80 Juta Raib

16
0

Komplotan Pencuri Bobol Mobil Pejabat Dinas Pertanian Sragen, Duit Rp 80 Juta Raib – Mobil pejabat Dinas Pertanian Sragen dibobol oleh komplotan pencuri dengan modus pecah kaca. Pelaku berhasil menggasak uang sebesar Rp 80 juta yang disimpan dalam mobil itu.

Sekretaris Dinas Pertanian, Joko Wikanto, Senin (10/8/2020) membenarkan adanya aksi pencurian itu. Pihaknya baru saja selesai mendampingi laporan atas kasus tersebut ke Polres Sragen.

Belakangan diketahui bahwa uang puluhan juta itu adalah dana yang berasal dari pusat yang rencananya akan dibagikan ke kelompok penerima pada esok hari.

Joko mengatakan korban yang diketahui bernama Sutrisno (49) adalah salah seorang bendahara bidang di Dinas Pertanian Sragen. Saat itu, korban diketahui baru saja mengambil uang dari Bank Mandiri Sragen, dengan ditemani oleh salah satu stafnya bernama Dedi Wahyudi.

Setelah dari bank, korban akan makan siang di sebuah warung sate kelinci di Jalan Sragen-Ngawi, atau lebih tepatnya di Dukuh Lemahbang, Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, Sragen. Belum sempat makan, salah seorang karyawan warung sate itu memergoki pelaku pencurian tengah mengambil sesuatu dari dalam mobil korban.

Joko mengungkapkan jadi korban belum sempat makan, baru mau duduk tiba-tiba salah seorang karyawan sate teriak maling. Ketika dicek, kaca depan sebelah kanan telah pecah. Uang sebesar Rp 80 juta yang diletakkan di depan telah raib digondol maling.

Joko mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, pelaku ada dua orang dengan berboncengan mengendarai sepeda motor jenis Satria. Ketika diteriaki maling, pelaku sempat dikejar namun tidak berhasil.

Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Harno, membenarkan adanya insiden pencurian itu. Kasus tersebut kini langsung ditangani oleh Sat Reskrim Polres Sragen.

Harno menjelaskan petugas juga sudah melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi. Menurut informasi sementara pelaku ada dua orang dan melarikan diri ke arah timur.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sragen, Eka Rini Mumpuni Titi Lestari menuturkan bahwa uang yang dicuri itu adalah uang dinas dari dana pusat. Uang itu rencananya akan diberikan kepada kelompok penerima pada esok hari.

Eka mengatakan bahwa pihaknya baru mendapat laporan dari sekdin. Menurut informasinya, uang yang dicuri berjumlah Rp 80 juta. Itu merupakan dana dari pusat, untuk keperluan kegiatan Gerakan Percepatan Olah Tanah. Jadi tadi baru mengambil uang dari bank, karena besok pagi akan dibagikan ke kelompok penerima.