Home KESEHATAN Lebaran Takut Makan Ketupat Akibat Diabetisi ? Baca Tipsnya Di Sini

Lebaran Takut Makan Ketupat Akibat Diabetisi ? Baca Tipsnya Di Sini

27
0

INDOZOLA – Hari lebaran sudah tentu dong di penuhin banyak makanan, dan di antara semua makanan tentu Ketupat atau Opor ayam yang slalu jadi favorit, tapi karna ketupat banyak mengandung kalori yang tinggi , jadi seorang pengidap penyakit diabetisi pasti tidak berani memakan ketupat tersebut, Boleh kok di makan asal mengikuti batas tertentu

Banyak orang mengira “musuh” diabetes hanyalah gula. Padahal untuk menjaga gula darah tetap normal, diabetisi harus mengontrol karbohidrat dan kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Jika tidak sesuai dengan jumlah kalori yang dianjurkan, bisa-bisa berujung pada komplikasi

Rata – rata kalori yang dibutuhkan oleh tubuh per hari adalah 1.000 kalori untuk wanita dan 2.500 kalori untuk pria. Bayangkan saja, satu porsi opor ayam bisa mengandung 700 kalori, Jumlah ini belum dikombinasikan dengan asupan lainnya yang anda konsumsi di jam makan lain,

Nah silahkan ikutin beberapa tips di bawah ini,

Hindari konsumsi lauk berlebih

Sebaiknya konsumsi hanya satu lauk ketika makan ketupat. Jika sambel ati mengandung 116 kalori, rendang bisa mencapai 195 kalori per 100 gram. Belum lagi kalau Anda makan opor ayam dengan kalori di atas 150 setiap per gramnya.

Nah, pilihlah salah satu lauk. Misalnya, ketupat dengan rendang atau ketupat dengan opor ayam. Dalam satu kali makan, Anda bisa memasukkan sekitar 300 kalori saja.

Perhatikan pula cara memasaknya! Hindari mengkonsumsi lauk yang digoreng atau menggunakan tepung

Ganti Bahan ketupan dengan beras merah
Hal ini di anjurkan karna beras merah memiliki bahan indeks glikemik (IG) yang rendah, yaitu sekitar 5o -55 dibandingkan dengan beras putih 56 – 58 . IG merupakan suatu nilai yang menentukan makanan bisa meningkatkan kada gula darah.
Kemudian kandungan serat yang tinggi sehingga membuat Anda kenyang lebih lama meskipun hanya makan sedikit

Liat olahan santannya,
Y emng tanpa santan smua sajian yang di hidangkan akan terasa hampa,. tapi banyak yang tidak tau kalu santan bisa membuat kadar gula darah naik karena kandungan kolestrol yang tinggi,

tpi anda masih bisa memakannya tpi ingat jangan berlebihan, ,

Bahkan, santan kaya akan antioksidan dan mengandung zat lauric acid yang berfungsi sebagai anti bakteri dan antivirus.

Wajib Anda ketahui, jika melalui proses pemanasan yang terlalu lama, kandungan nutrisi dalam santan bisa hilang. Bagi diabetisi, konsumsilah santan yang berasal dari perasan buah kelapa tanpa melalui proses apapun.

Perbanyak minum Air Putih
Setelah banyak makan ketupat minumlah air putih yang banyak, karna dehidrasi juga dapat memperburuh penyakit diabetes,

Air putih juga dapat membatu mengeluarkan dara merah melalui urin,

kemudian , Dehidrasi juga dapat merangsang pelepasan vasopressin, Dilansir dari klik Dokter, vasopressin membentuk gula sehingga kada adalam darah tinggi meningkat,

Yang terpenting, selalu kontrol kadar gula dalam tubuh, salah satunya dengan menjaga pola makan. Pertimbangkan pula makanan dengan IG rendah.

Makanan dengan IG rendah cenderung melepaskan gula dengan perlahan, sehingga tidak banyak meningkatkan kadar gula darah.  

Anda bisa mengkonsumsi Diabetasol sebagai asupan nutrisi makanan pengganti karena memiliki IG rendah dan kandungan Vitadigest Pro sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol, tapi tetap membuat kenyang lebih lama.

Tidak khawatir lagi kan makan makanan lezat di hari lebaran? Asalkan nutrisi pada pagi dan malam hari selalu dikonsumsi secara tepat, gula darah tetap normal dan tubuh tidak lemas. Lebaran dengan keluarga jadi lebih menyenangkan!

Silahkan nonton film yang belum sempat anda tonton hanya di ZOLAXXI.com


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here