Home NASIONAL Ma’aruf Amin Minta Aset First Travel Dikembalikan ke Jamaah

Ma’aruf Amin Minta Aset First Travel Dikembalikan ke Jamaah

86
0

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta aset First Travel bisa dikembalikan ke jemaah. Ma’ruf berharap aset tersebut bisa dibagikan secara adil

”Ya saya kira itu karena kan itu dananya jemaah yang di pakai oleh First Travel ya, dan karena itu ketika asetnya disita ya harus dikembalikan ke jemaah,” kata Ma’ruf di Kantor Presiden, jalan Medan Merdeka Utara, jakarta Pusat.

Ma’ruf belum mengetahui otoritas mana yang berhak menentukan pengembalian aset First Travel tersebut. Namun dia meminta aset dapat dibagikan ke jemaah dengan adil.

”Kita serahkan kepada pihak otoritas mereka punya mekanisme sendiri. Caranya adil, yang pentinbg itu prinsipnya adillah. Kalau dia itu, rugi, ruginya beberapa persen ya tidak semua. Yang gede-gede yang kaeci ya adillah,” paparnya.

Ma’ruf menuturkan laporan masing-masing korban First Travel terdahulu bisa menjadi dasar untuk menentukan nominal yang akan dikembalikan kepada korban. Untuk diketahui saat babak pertama kasus penipuan First Travel itu beberapa besar, masing-masing beberapa persen, kalau dihitung dana yang terkumpul berapa persen perorang itu,”jelas Ma’ruf.

Sebelumnya, MA merampas aset First Travel untuk negara, bukan mengembalikan ke jamaah sebagaimana tuntutan jaksa. Ma beralasan karena ada kelompok jemaah yang menolak aset itu dikembalikan ke jemaah.

”Sebagaimana fakta hukum di persidangan ternyata Pengurus Pengelola Asset Korban First Travel menyampaikan surat dan pernyataan penolakan menerima pengembalian barang bukti tersebut,”demikian bunyi putusan kasasi Nomor 3096 K/Pid.Sus/2018.

Putusan MA di atas nebguatkan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Depok Nomor 83/Pid.B/2018/PN.Dpk. Dalam putusan PN Depok itu disebutkan Pengurus Pengelola Asset Korban First Travel, disarankan lewat Akta Pendirian Nomor 1 tanggal 16 April 2018 yang di buat dihadpan Notaris Mafruchah Mustikawati SH Mkn.