Home KESEHATAN Makan Putih Telur Bisa Turunkan Berat Badan

Makan Putih Telur Bisa Turunkan Berat Badan

212
0

Putih telur memiliki kalori yang rendah dengan jenis protein yang sangat tinggi. Putih telur ternyata memudahkan Anda yang ingin mencegah berat badan bertambah sekaligus dapat mempertahankan massa otot.

Seseorang yang memakan protein dalam jumlah yang tinggi memang cenderung lebih memuaskan dari pada makan dengan kadar karbohidrat atau lemak yang lebih tinggi. Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan berprotein tinggi, pasti dapat mengurangi rasa lapar.

Salah satu cara menurunkan berat badan yang potensial dapat dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak protein seperti putih telur yang direbus. Namun, memang cara ini belum tentu atau tidak dijamin berhasil untuk semua orang.

Jika Anda memakan putih telur, Anda dapat membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Sebab makan putih telur tidak menyebabkan sekresi insulin, hormon yang memasok sel otot dengan nutrisi dan menyimpan kelebihan sebagi lemak. Gantinya, memakan putih telur justru mengaktifkan insulin yang berlawanan, glukagon, hormon yang menyebabkan lemak yang tersimpan dibakar sebagai energi.

Dalam Jurnal 2012 yang diterbitkan “Journal of the American Medical Association” tercatat bahwa diet protein tinggi lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada karbohidrat tinggi. Namun, menurunkan berat badan memang membutuhkan komitmen. Dalam jurnal itu juga disebutkan hanya ada satu dari enam orang dewasa yang dapat mempertahankan setidaknya 10 persen dari penurunan berat badan selama satu tahun.

Seperti dilansir dari Ensiklopedia medis MedlinePlus Online, hanya ada satu strategi yang terbukti dapat menurunkan berat badan. Caranya membakar lebih banyak kalori. Langkah ini secara ideal dapat dilakukan melalui peningkatan aktivitas fisik dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Diet dengan Putih Telur Rebus

Berikut adalah bebrapa tips yang membantu Anda dalam melakukan diet dengan putih telur:

1.Ganti sumber protein dengan putih telur

Seseorang bisa mengganti sumber protein yang tinggi lemak dengan putih telur. Diet rendah khabohidrat bisa berhasil karena diet protein dan lemak memberi sinyal ke otak bahwa makanan protein lebih cepat dikonsumsi dari pada karbohidrat. Sehingga, Anda mudah merasa kenyang.

2.Makan putih tekur secara rutin

Makan putih telur secara rutin bisa meningkatkan efek makanan thermogenik. thermogenik ini menghasilkan panas tetapi dalam diet, thermonegik berkaitan dengan mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran kalori.

3.Ganti makan siang dengan putih telur

Ganti makanan siang Anda yang mungkin mengandung keju saat makan salad dengan putih telur. Sebab dua ons cheddar mengandung 228 kalori , 169 di antaranya adalah lemak. Sedangkan, menggunkan tiga putih telur rebus dapat menghemat 177 kalori.termasuk 169 kalori dari lemak.

4.Ganti putih telur saat makan malam

Gantilah putih telur dengan sumber protein lain pada saat makan malam.Makanlah tiga ons daging tenderloin. Makanan ini, sama beratnya dengan tiga putih telur yang besar. Anda mengonsumsi 212 kalori dan 99 di antarany berasal dari lemak. Dalan ukuran yang sama, ayam bagian dada mengandung 193 kalori dan 68 di antaranya lemak.