Home KESEHATAN Manfaat Lemon Cegah Penuan Dini & Turunkan Berat Badan

Manfaat Lemon Cegah Penuan Dini & Turunkan Berat Badan

256
0

Buah lemon terkenal kaya akan vitamin C dan air lemon diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan serta kecantikan tubuh.

Laman Medical News Today menyebutkan, minuman segelas air lemon setiap pagi diklaim dapat membantu meningkatkan suasana hati, memberikan energi, menambah kekebalan dan metabolisme bagi tubuh.

Cara minum air lemon pun sangat gampang, yakni mencampur perasan lemon dengan air, bisa dinikmati dingin maupun panas.

Bahkan beberapa orang membuat variasi air lemon dengan menambahkan kulit lemon, daun mint atau beberapa bahan lainya.

Berikut ini 7 manfaat minum air lemon bagi kedehatan :

1.Menghindari Tubuh
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manusia membutuhkan nutrisi berupa gula, kalori dan vitamin lainya mekanan dan minuman. Wannita minimal mendapay 91 ons per hari dan pria setidaknya 125 ons per hari.

Air merupakam minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh, tatapi bebrapa orang tidak menyukai rasa air alami,Menambahkan lemon di minuman bisa meningkatkan rasanya, sehingga membantu untuk minum lebih banyak.

2.Sumber Vitamin C

Lemon dikenal kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu melindungi sel dan kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin C dapat mengurangi riaiko penyakit jantung, stroke dan menurunkan tekanan darah.

Satu gelas air lemon diketahui memiliki sekitar 18,5 miligran vitamin C. jumlah harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 65 hingga 90 miligram.

3.Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menyatakan, antioksiden polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan bisa mengurangi obesitas atau kenaikan berat badan.

Selain itu, senyawa antioksidan juga dapat mengimbangi efek negatif pada kadar glukoso darah dan meningkatkan resitensi insulin, yakni dua faktor utama dalam pengembangan diabetes tipe 2.

4. Meremajakan kulit

Vitamin C yang ditemukan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan di kulit, mencegah penuan dini, serta melembabkan kulit.

5.Membantu Sistem Pencernaan tubuh

Air lemon dapat berfungsi sebagai pencahar dan membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas ketika bangun di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan jadi lebih baik. Air lemon juga diketahui bisa membantu mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

6.Menyegarkan Napas

Mengoleskan lemon pada tangan yang terkena bawang putih atau bau kuat lainya bisa menghilangkan aroma tak sedap tersebut. Hal ini juga berlaku untuk bau mulut yang disebabkan oleh makanan dengan bai yang kuat seperti bawang putih, bawang bombai, atau ikan.

Leomon di anggap dapat merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering, yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7.Mencegah batu ginjal

Asam sittrat lemon membantu mencegah batu ginjal. Komponen asam sitrat yang terkandung di lemon secara paradoksik juga membuat urin menjadi kurang asam dan bahkan memecah batu ginjal menjadi lebih kecil. Air lemon dibutuhkan untuk mencegah atau membersihkan batu ginjal di tubuh.