Home Uncategorized Membentuk Tim Evaluasi untuk Program Kesuksesan Serasi

Membentuk Tim Evaluasi untuk Program Kesuksesan Serasi

49
0

INDOZOLA – Demi kesejahteraan petani , Kementan, Melakukan program selamatkan Rawa Sejahtera petani (Serasi), untuk meninggkatkan prograram yang digadang-gadang bisa meninggkatkan produksi pertanian itu,

Tim ini di bentuk pada rapat yang di gelear Direktorat Jenderal 7Prasarana dan sarana Pertanian (PSP kementan 07/05/2019 lalu, Rapat diikuti oleh Pokja Pelaporan lingkup Ditjen PSP, Tim SPI lingkup Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan.

“Rapat dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Permentan No. 297/Kpts/Ot.0050/M/4/2019 tanggal 26 April 2019 tentang Pembentukan Tim Evaluasi Program Utama Kementerian Pertanian dan rapat persiapan Evaluasi yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementan tanggal 6 Mei 2019 di Gd. A Kementan,” ujar Kabag Evaluasi dan Layanan Rekomendasi Kementan Baginda Siagian, Senin (13/5).

Ada beberapa Point yang di bentuk dalam rapat tersebut . dan salah satu di antaranya adalah pembentukan team self evaluation, dan bertugas melakukan, evaluasi terhadap pelaksaaan program utama kementerian pertanian, (serasi), melakukan penilaian dalam bentuk pelaksaan kegiatan yang sudah di laksanakan, dan pembenahan dalam hasil evaluasi, evaluasi akan dilaksanakan pada Mei 2019.

“Selain itu, segera disusun lebih lanjut rencana kunjungan lapangan di lokasi yang menjadi target utama program Serasi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kab. Batola), Sumatera Selatan (Kab. Banyuasin) dan Sulawesi Selatan (Kab. Wajo),” sebutnya.

Hasil evaluasi program Serasi akan dilaporkan dan dipresentasikan kepada Menteri Pertanian selaku Ketua Pengarah oleh Direktur Jenderal PSP selaku Ketua Pelaksana. Dan Hasil Evaluasi ini akan juga di
cross check dengan hasil evaluasi yang di lakukan tim independent ( SEKP, Iten, dan pusdatin).

“Mengacu pada progress pelaksanaan program Serasi saat ini, penetapan variabel hanya dapat diimplementasikan sampai dengan komponen Output,” pungkasnya.

Sedangkan salah satu penelitian Pusat Sosial Ekonimi dan kebijakan pertanian (PSEKP) Syahyuti mengatakan,Indikator dari kinerja program serasi bisa di liat dari dua hal,
peningkatan Indeks Pertanam (IP) atau Produktivitas dan penurunan biaya olah tanah, tanam dan pemeliharanaan,


Baca juga info menarik lainnya seputaran bola di bolazola.com