Home NASIONAL Mencuri Kabel Optik di Menteng Jakpus, Polisi Tangkap 5 Orang Pemulung

Mencuri Kabel Optik di Menteng Jakpus, Polisi Tangkap 5 Orang Pemulung

19
0

Sebanyak lima pelaku pencurian kabel di Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) ditangkap polisi. Lima pelaku pencurian kabel itu diketahui berprofesi sebagai pemulung.

Kanit Reskrim Polsek Menteng bernama Kompol Muhamad Nazarudin ketika dimintai konfirmasi pada Sabtu (16/4/2022) mengatakan para pelaku diketahui baru satu kali melakukan aksi pencurian itu. Sebelumnya, mereka merupakan seorang pemulung sambil mangkal di tepi jalan dengan mengharap ada warga yang mau memberi sembako.

Aksi pencurian yang dilakukan oleh kelima pelaku itu dipergoki oleh Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Jaya. Kelima pelaku menjalankan aksi pencurian kabel itu di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) pada Jumat (15/4/2022) sekitar pukul 00.30 WIB dini hari.

Kompol Nazarudin mengatakan setelah itu, pihak kepolisian pun datang ke TKP dan langsung mengamankan kelima pelaku.

Tak hanya mengamankan lima orang pelaku, polisi turut menyita sejumlah barang bukti dari lokasi kejadian. Kompol Nazarudin menuturkan saat ini kelima pelaku pencurian kabel itu sudah diamankan di Polsek Metro Menteng.

Kompol Nazarudin mengatakan adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas dari lokasi kejadian yakni berupa 2 unit gerobak, 3 buah gergaji besi, 3 buah linggis, 3 buah palu, 2 buah cangkul, 2 buah tang, 1 buah gancu, dan 20 potong kabel.

Kompol Nazarudin menuturkan kejadian itu bermula ketika para pelaku mendapati adanya kabel ketika sedang melintas di jalan tersebut pada Kamis (14/4/2022) kemarin. Nah kemudian pada keesokan harinya, para pelaku memutuskan untuk menggasak kabel tersebut.

Kompol Nazarudin menjelaskan jadi ketika para pelaku sedang melintas di lokasi galian, mereka mendapati adanya kabel. Lalu pada keesokan harinya mereka mempersiapkan beberapa peralatan untuk menggasak kabel tersebut, akan tetapi aksi mereka lebih dulu dipergoki oleh tim patroli.

Kompol Nazarudin membeberkan kabel-kabel yang dicuri oleh para pelaku berukuran besar. Dia mengatakan kelima pelaku memotong kabel-kabel tersebut menjadi ukuran sekitar 1 meter.

Kompol Nazarudin menambahkan yang jelas kabel-kabel yang dicuri oleh kelima pelaku itu berukuran besar, dan dipotong-potong menjadi ukuran sekitar 1 meter oleh para pelaku. Ada kemungkinan kabel itu merupakan kabel optik.