Home LUCU DAN UNIK Mengapa kita bisa kesetrum ? Berikut penjelasannya.

Mengapa kita bisa kesetrum ? Berikut penjelasannya.

16
0

Kamu pernah merasakan kesetrum? Tahu kan apa itu kesetrum?

Kata lain kesetrum yaitu tersengat arus listrik yang disebabkan kebetulan sedang menyentuh kabel beraliran listrik, atau stop kontak listrik di dinding, atau juga saat sedang memasang lampu. Hati-hati, karena sengatan listrik ini dapat menyebabkan kematian. Tapi pernahkan kamu berfikir saat melihat burung bertengger di kabel listrik? Mengapa mereka kok tidak kesetrum juga? kok bisa begitu ya?

Arus listrik merupakan aliran sebuah elektron, gampangnya begini, televisi dapat menyala karena ada elektron yang berjalan melewati komponen di dalamnya dan akhirnya dapat menyala. Semua arus listrik menjalani siklus di mulai dari tempat dia berangkat atau di pembangkit listrik kemudian melalui  alat-alat listrik di rumah rumah, dan kemudian akan berakhir di ground atau tanah.

Kamu sebenarnya bisa menghindari yang namanya “kesetrum” yaitu dengan cara memotong jalan, contohnya menggunakan sendal karet, atau biasanya kamu berdiri di atas alas lantai pada saat menyetrika. Lihatlah tukang service listrik yang sedang membetulkan listrik, dia selalu memakai peralatan yang tidak bisa menghantarkan listrik seperti plastik, kayu, karet yang disebut benda INSULATOR

Ada satu hal lagi, kaki-kaki burung juga berjarak sangat dekat, sehingga tidak ada perbedaan energi antara kaki satu dengan yang lainnya. Pada beberapa kasus yang terjadi, pada kamu sedang berada di alam terbuka terjadi hujan lebat yang disertai petir, jangan lah kamu berlari, karena bisa saja terjadi “tegangan langkah” yaitu antara kedua kakimu yang akan memberikan ancaman jika kebetulan petir menyambar pohon yang ada didekatmu. Arus listrik yang melewati dibawahmu akan “berpindah” dari kaki satu ke kaki yang lain, dan akhirnya kamu kesetrum .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here