Home NASIONAL Perahu Angkut 30 Wisatawan Terbalik di Perairan Pantai Palangpang Sukabumi

Perahu Angkut 30 Wisatawan Terbalik di Perairan Pantai Palangpang Sukabumi

20
0

Perahu Angkut 30 Wisatawan Terbalik di Perairan Pantai Palangpang Sukabumi – Perahu yang mengangkut wisatawan tiba-tiba terbalik ketika berusaha melintas di perairan Pantai Palangpang Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Perahu yang terbalik itu diketahui adalah perahu nelayan yang disulap menjadi perahu wisata.

Satgas Lifeguard Pos Ciletuh Mohammad Piat Supriatna saat dimintai konfirmasi pada Minggu (28/6/2020) mengatakan ada sekitar 30 wisatawan yang menumpang di dalam perahu itu. Walaupun perahu itu sudah terbalik, tim SAR gabungan Balawista yang dibantu dengan SAR gabungan serta nelayan setempat berhasil mengevakuasi para korban.

Piat mengungkapkan perahu yang digunakan mirip dengan perahu nelayan, di bawah 5 Gross Ton (GT). Jika digunakan untuk barang beratnya sekitar 1 ton, namun jika untuk kapasitas penumpang maksimal 10 orang, dan kapal itu sudah over kapasitas.

Kapal itu rencananya akan dipakai untuk melintas dari kawasan Palampang Geopark Ciletuh menuju ke Pulau Kunti, Pasir Putih. Tetapi ketika dalam perjalanan kapal tersebut tiba-tiba terbalik.

Piat menambahkan kapal tersebut berlayar dengan tujuan ke pulau kunti yang berjarak sejauh 3 kilometer. Namun, di tengah perjalanan kapal tersebut tiba-tiba terguling, dan mengangkut 30 orang wisatawan. Mengetahui ada kapal yang terguling, para korban langsung dievakuasi oleh nelayan setempat, kami dari tim balawista dan nelayan juga  ikut menarik para korban, mereka dievakuasi ke dalam satu perahu. Beruntung tidak ada korban yang terluka parah.

Dihubungi secara terpisah, Kapolres Sukabumi AKBP M Lukman Syarif telah memerintahkan Kasat Polair untuk datang ke lokasi kejadian. Selain itu, pihaknya juga memerintahkan Kapolsek Ciemas dan Dokkes Polres Sukabumi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan para korban dan mengumpulkan informasi terkait kejadian tersebut.

Lukman mengungkapkan bahwa anggota sudah menuju ke lokasi kejadian, kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak layanan medis terdekat kalau ada korban yang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kejadian itu, anggota kami masih memintai keterangan.

Lukman juga mengimbau kepada para pengusaha kapal untuk selalu mengutamakan alat keselamatan di setiap perahu mereka.

Lukman mengimbau kepada para pengusaha kapal untuk selalu mengutamakan alat keselamatan, kelayakan perahu dan batas maksimal penumpang dalam satu perahu. Jangan sampai ada kejadian yang sama terulang kembali.