Home NASIONAL Rampas Motor Warga, Tiga Polisi Gadungan di Jaksel Ditangkap

Rampas Motor Warga, Tiga Polisi Gadungan di Jaksel Ditangkap

8
0

Rampas Motor Warga, Tiga Polisi Gadungan di Jaksel Ditangkap – Polres Metro Jakarta Selatan meringkus tiga orang yang melakukan perampasan sepeda motor milik warga dengan berpura-pura menjadi polisi. Salah satu pelaku yang berinisial R adalah seorang residivis yang memperoleh program asimilasi.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono, saat dimintai konfirmasi pada Jumat (11/9/2020) mengatakan tersangka R merupakan residivis yang pada bulan Februari lalu dibebaskan karena program asimilasi. Sejak mendapat asimilasi itu, tersangka sudah melancarkan aksinya sebanyak 15 kali.

Kasus tersebut berawal pada Kamis (3/9/2020) sekitar pukul 05.00 WIB tepatnya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Jaksel). Tersangka R bersama dengan dua rekannya berinisial A dan OM melakukan aksinya dengan mengendarai mobil.

Mereka lalu memberhentikan korban yang saat itu tengah mengendarai sepeda motor. Dengan mengenakan seragam polisi, mereka mengaku tengah menggelar razia dan menyita sepeda motor dan ponsel milik korban. Sejauh ini sudah ada 5 korban dari aksi para pelaku.

Kombes Budi mengatakan tiga orang itu mengendarai mobil lalu memberhentikan korban dan keluar dari dalam mobil dengan memakai baju polisi, rompi, dan senjata laras panjang jenis air softgun. Mereka langsung memaksa korban dan bilang ‘motor ini terpaksa diambil karena telah melakukan suatu tindak pidana’. Dan korbannya dimasukkan ke dalam mobil berlima.

Pelaku berdalih, menyita barang berharga milik korban itu untuk mengecek apakah barang-barang itu diperoleh dari hasil tindak pidana atau tidak. Budi menambahkan para pelaku juga meyakinkan korban kalau pengecekan tersebut akan terdata di Polsek Pasar Minggu.


Usai diturunkan di kawasan Jati Padang, Jakarta Selatan, korban langsung menuju ke Polsek Pasar Minggu untuk melaporkan kejadian yang telah menimpanya ke polisi. Dari situlah diketahui bahwa mereka merupakan polisi gadungan.

Kombes Budi menjelaskan setelah itu korban mencoba untuk mengecek ke Polsek Pasar Minggu dan diketahui fakta bahwa tidak ada anggota polisi yang melakukan penangkapan itu. Atas laporan itu, tim gabungan dari Polres dan Polsek segera melakukan tindak lanjut dan akhirnya berhasil meringkus 3 orang tersangka itu.

Para tersangka diketahui melancarkan aksi kejahatannya itu dengan modus yang serupa di sejumlah TKP yang ada di DKI Jakarta dan Bekasi. Di Jakarta Selatan sendiri, para pelaku sudah beraksi sebanyak 2 kali.

Atas perbuatannya itu, para pelaku pencurian akan dijerat dengan pasal 365 KUHP dan atau 368 KUHP dan terancam hukuman 9 tahun kurungan penjara.