Home INTERNASIONAL Rusia Bakal Kembalikan 3 Kapal yang Ditahan ke Ukraina

Rusia Bakal Kembalikan 3 Kapal yang Ditahan ke Ukraina

195
0

Sebuah laporan yang beredar menyatakan, Rusia bakal mengembalikan tiga kapal Ukraina yang sempat mereka tahan setahun lalu.

Mengutip badan penjaga perbatasan Crimae, media lokal memberitakan Kremlin menempatkan ketiga kapal itu di lokasi yang disepakati.

Terlihat sebuah kapal penarik mengawal tiga kapal Ukraina di Selat Kerch menuju Laut Hitam.

Pada akhir November 2018, Rusia melepaskan tembakan dan mengumumkan telah melakukan penangkapan karena dituduh telah melanggar batas.

Presiden Ukraina saat itu, Petro Poroshenko, langsung menggelar rapat darurat dengan kabinet prang dan meminta pengesahan pengumuman keadaan darurat para parlemen.

Poroshenko Ukraina saat itu, Petro Poroshenko, langsung menggelar rapat darurat dengan kabinet perang dan meminta pengesahan pengumuman keadaan darurat pada parlemen.

Poroshenko kemudian digantikan oleh Volodymyr Zelensky yang menang dalam pemilu April, dan berjanji bakal mencoba mencairkan relasi dengan Rusia.

Kabar lepasnya kapal itu terjadi sehari setelah Moskwa menyebut pertemuan antara prancis, Jerman , Rusia, dan Ukraina untuk menyelesaikan konflik di utara Ukraina bakal terjadi tahun ini.

”Saya tidak bisa menyebutkan tanggal pastinya karena masih dalam diskusi. Namun yang pasti, tahun ini,” ujar staf Kremlin Yuli Ushakov Kepada Rosssiya-1.

Badan keamanan Federal Rusia (FSB) pada November tahun lalu menyatakan, mereka melepaskan tembakan karena ketiga kapal Ukrania mengabaikan peringatan mereka.

Sehari kemudian,pengadilan di Crimea menyabut 24 pelaut dari tiga kapal yang disita bakal dipenjara selama dua bulan.