Home NASIONAL Sepanjang Pekan Kedua Bulan Oktober di Sumut – Aceh Telah Terjadi 20...

Sepanjang Pekan Kedua Bulan Oktober di Sumut – Aceh Telah Terjadi 20 Kali Gempa

14
0
Sepanjang Pekan Kedua Bulan Oktober di Sumut - Aceh Telah Terjadi 20 Kali Gempa

Indozola – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I mengeluarkan data hasil pengamatan gempa yang terjadi di Sumut dan Aceh.

Dari berita yang berhasil di himpun pada jumat 11 Oktober 2019, BMKG sebut telah terjadi 20 kali gempa bumi di wilayah Sumut dan Aceh.

Menurut penjelasan dari Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Edison Kurniawan, sebaran gempabumi di wilayah pusat gempa regional (PGR 1) sebagaimana sesuai data peta seismisitas Sumatera bagian Utara.

“Pada Minggu ke-dua bulan Oktober sebagian besar gempabumi terjadi di daerah sekitar sistem sesar besar Sumatera. Selama Minggu ke-2 Bulan Oktober 2019 data gempa bumi yang terjadi di wilayah PGR 1 yang tercatat dan dianalisis yaitu sebanyak 20 kejadian,” ujarnya.

Analisis gempa bumi berdasarkan Magnitudo, lokasi dan Kedalaman.

Berdasarkan data yang dihimpun gempa bumi magnitudo 4.0 terjadi 17 kali. Dengan magnitudo 4.0 sampai ke 5.0 terjadi tiga kali.

Berdasarkan gempa yang terjadi berlokasi di darat sebanyak 16 kali dan di laut sebanyak empat kali.

“20 kejadian gempabumi tersebut, ada dua laporan gempabumi yang dirasakan. Gempabumi akibat aktivitas sesar Tripa dengan kategori dangkal berkekuatan M 4.5 yang terjadi tanggal (6/10/2019) dirasakan di Gayo Lues dengan intensitas III MMI,” ungkap Edison.

Gempabumi akibat aktivitas sesar Batee, lanjut Edison, dengan kategori dangkal berkekuatan M 3.6 yang terjadi pada tanggal (10/10/2019) dirasakan di Tapaktuan dengan intensitas II MMI.

“Dapat disimpulkan bahwa selama Minggu ke-2 Bulan Oktober 2019, Gempabumi yang terjadi di wilayah PGR 1 dan sekitarnya didominasi oleh gempabumi dengan magnitudo M 4.0,” pungkasnya.