Home INTERNASIONAL Siswa Indonesia Berhasil Mendapatkan 5 Mendali Di ajang EuPhO

Siswa Indonesia Berhasil Mendapatkan 5 Mendali Di ajang EuPhO

87
0

INDOZOLA – 6 Siswa Indonesia berhasil membawa 5 Medali sebagai kado di hari lebaran , Indonesia berhasil mendapatkan medali emas, perak dan perunggu di ajang, “International The 3rd European Physics Olympiad (Eupho)” do Riga, Republik Latvia.

Dalam Acara Eupho tahin ini di ikuti 35 negara dengan jumlah delegasi lebih dari 250 orang, Negara peserta dari luar kota Eropa berasal dari Asia ( Indonesia , Singapura,Malaysia, Vietnam, dan Bangladesh) Dan ( Brasil dan Saudi Arabia) dengan siswa peserta 165 siswa.

Setelah peserta mengikuti tahapan tes fisika Eksperimen dan fisika Teori dilanjutkan dengan tahapan koreksi oleh tim juri dan moderasi nilai, akhirnya pada hari Selasa .4 Juni 2019 acara EuPhO ke 3 di tutup sekaligus pembagian mendali.

Tahapan tes dilakukan dalam 2 gelombang, Tes pertama adalah Fisika Eksperimen dilakukan Sabtu, 1 Juni, dan kedua Fisuka Teori pada minggu 2 Juni 2019.

Dalam tes itu berlangsung slama 5 jam dan kedua nya di selenggarakan di kampus Universitas Latvia. Tidak sedikit siswa yang di buat “KO” lebih dahulu oleh soal fisika Eksperimen yang jumlah soalnya sebenernya sangat sedikit , hanya 1halaman denhan 5 soal.

Soal tes EuPhO tahun ini topiknya cukup merata, Sebagaimana biasanya soal Fisika eksperimen, Topik soal eksperimennya adalah tentang ‘ gelombang radio” Tujuan dari eksperimen ini adalah untuk mempelajari sifat-sifat gelombang radio ketika merambat dalam madium yang berbeda (udara dan air ).

Soal teori terdiri dari topol Mekanika ,. Elektrodinamika, Termodinamika,. dan, Hidrostatik. Soalnya diramu sedemikan sehingga merupakan gabungan dari beberapa topik fisika,

Seperti diwartakan laman resmi Direktorat PSMA, berikut prestasi yang diraih tim Olimpiade Fisika Indonesia:
1. Ivander Jonathan, dari SMA Mawar Sharon Christian, Surabaya (Emas)
2. Yuwanza Ramadhan, dari SMAN 1 Depok, Jawa Barat (Perak)
3. Nixon Widjaja, dari SMAK IPEKA Plus Tangerang, Banten (Perak)
4. Gusti Putu Surya Govinda, SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta (Perunggu) 5. Daffa Fathani Adila, SMAN 8 Jakarta (Perunggu) .

Tim Indonesia kali ini dipimpin Syamsu Rosid (dari UI). Tim juga didampingi Bobby E Gunara (ITB), Rinto Anugraha (UGM) dan Junus Simangunsong (Kemendikbud).  Kedatangan Tim Olimpiade Indonesia disambut langsung Suharlan (Kasubdit Kurikulum Direktorat PSMA) dan Alex Firngadi (Kasi Kepribadian)  pada hari Rabu (5/6/2019) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

Jangan lupa untuk menonon film bioskop kesayangan anda hanya di ZOLAXXI.COM