Home TEKNO Supercar Listrik Mulai Dikembangkan

Supercar Listrik Mulai Dikembangkan

306
0

Rene-Christopher Wollmann, kepala program supercar Project One Mercedes, telah pindah ke pekerjaan di Automobili Pininfarina dalam sebuah tanda bahwa inovasi dalam sportscar listrik kelas atas sedang bergeser ke arah start-up kecil.

Langkah Wollman, yang belum diumumkan kepada publik, terjadi pada saat pembuat mobil besar, seperti Volkswagen dan Mercedes, dibutakan oleh uji emisi yang lebih ketat dan mahal, memaksa mereka untuk memfokuskan sumber daya pada model listrik utama dan membersihkan mesin pembakaran mereka.

Sementara itu kemajuan dalam rekayasa virtual bahkan memungkinkan tim kecil insinyur untuk mengembangkan kendaraan yang layak menggunakan perangkat lunak untuk merancang, merekayasa dan menguji prototipe. Dinamika ini telah membantu Tesla dan Nio China mencuri pijakan pada saingan yang jauh lebih besar di segmen sportscar listrik premium.

“Perusahaan besar membutuhkan waktu untuk berubah. Dan saya pandai hypercars. Saya baru saja mengerjakan Proyek Satu, dan sekarang kesempatan ini datang,” kata Wollmann yang berusia 37 tahun kepada Reuters tentang alasannya bergabung dengan Automobili Pininfarina, pembuat mobil listrik yang berbasis di Munich. yang diluncurkan tahun lalu.

Proyek One, yang memiliki mesin Formula Satu yang dimodifikasi, akan mulai dijual tahun ini tetapi telah tertunda oleh masalah mendapatkan sertifikasi kelayakan jalan setelah pengenalan standar uji emisi WLTP, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Mobil sport listrik premium atau berkinerja tinggi setara dengan Ferraris dan Lamborghini dari dunia otomotif konvensional. Supercar yang disebut ini dapat berharga mulai dari $ 100.000 hingga jutaan dolar dan termasuk Roadster Founder Series Tesla yang akan datang, yang akan dijual seharga lebih dari $ 200.000 dan Rimac Concept Two, dihargai di wilayah $ 2 juta.

Peran yang muncul dari para pemula dalam pengembangan pasar listrik premium kembali ke era lebih dari seabad yang lalu ketika para insinyur berbakat seperti Gottlieb Daimler dan Ferdinand Porsche dapat meluncurkan merek mobil sport dengan anggaran sederhana.

Pemain yang memimpin termasuk orang-orang seperti Automobili Pininfarina, Rimac Kroasia, Nio Cina dan toko teknik Italia Maniffatura Automobili Torino (MAT) Italia.

Tetapi karena dibutuhkan investasi awal yang tinggi, tanpa jaminan kesuksesan di ceruk pasar, produsen supercar butik menghadapi risiko yang signifikan jika mereka mencoba mengembangkan lebih dari satu kendaraan atau beralih menjadi pembuat mobil arus utama.