Home NASIONAL Terdakwa Korupsi Proyek Korupsi SDN Gentong Pasuruan Divonis 1 Tahun 3 Bulan...

Terdakwa Korupsi Proyek Korupsi SDN Gentong Pasuruan Divonis 1 Tahun 3 Bulan Penjara

10
0

Terdakwa Korupsi Proyek Korupsi SDN Gentong Pasuruan Divonis 1 Tahun 3 Bulan Penjara – Seorang terdakwa atas sebuah kasus korupsi proyek pada SDN Gentong, Pasuruan yang bernama Mochammad Rizal saat ini telah divonis kurungan penjara selama 1 tahun 3 bulan. Sang terdakwa tersebut juga akan dituntut untuk membayar sebuah denda dan juga diharuskan mengembalikan sejumlah uang yang sudah merugikan negara tersebut.

Sebuah sidang atas tuntutan juga akan dilangsungkan pada Pengadilan Tipikor dengan cara virtual daring pada hari senin. Sang terdakwa itu juga sudah mengikuti jalannya sidang yang ada di Lapas IIB Pasuruan. Sidang tuntutan itu dilangsungkan sesudah sebuah rangkaian sidang yang akan dilakukan pemeriksaan kepada saksi saksi bersama dengan para ahli.

Jaksa Penuntut Umur Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan yang bernama Widodo Pamudji juga sudah mengakui jika memang ada sebuah fakta berdasarkan hasil pemeriksaan pada persidangan tersebut. widodo juga sudah menjelaskan atas sebuah hal yang sudah memberatkan dengan yang sudah meringankan sang terdakwa tersebut.

Sebuah hal yang sudah memberatkan terdakwa itu ternyata tidak akan bisa membantu atas program pemerintah dengan tujuan agar bisa memberantas tidak pidana korupsi. Selanjutnya hal yang sudah meringankan terdakwa tersebut ialah telah berperilaku sopan, menyesal atas sebuah perbuatannya tersebut, telah mempunyai sebuah tanggungan keluarga sesudah  mengembalikan kerugian negara dengan senilai  Rp 65 juta atas hasil dari tuntutan tersebut.

Widodo menegaskan jika sang terdakwa itu juga sudah dikenai denda sebesar Rp 50 juta dan subsider 6 bulan kurungan penjara. Terdakwa juga akan dituntut untuk mengembalikan sejumlah uang atas kerugian negara dengan senilai Rp 20 juta.

Sebuah kerugian negara pada dalam sebuah ini berdasarkan dari BPKP yaitu sebesar Rp 85 juta, dengan sang terdakwa tersebut juga sudah mengembalikan sebesar Rp 65 juta, dan kerugian negara yang tersisa saat ini ialah Rp 20 juta.

Widodo menerangkan jika sejumlah uang pengganti atas kerugian negara itu tidak dibayar maka akan diganti dengan kurungan penjara selama 8 bulan.

Diketahui jika Mochammad Riza ialah seorang pejabat pembuat komitmen pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada saat proyek rehabilitasi pada gedung sekolang yang sudah dilangsungkan pada tahun 2012.