Home LIFESTYLE Ternyata Tomat Memliki Manfaat Untuk Mendongkrak Kualitas Sperma

Ternyata Tomat Memliki Manfaat Untuk Mendongkrak Kualitas Sperma

143
0

Indozola – Tomat ternyata menyimpan cukup banyak manfaat bagi tubuh kita, sebuah penelitian terbaru mengungkap, tomat menjadi salah satu buah yang bisa mengatasi masalah kesuburan pria.

Fakta ini terungkap menyusul rampungnya penelitian di Universitas Sheffield, Inggris disebutkan ada senyawa dalam tomat dapat membantu mangatasi masalah kesuburan pada pri, senyawa tersebut adalah likopen, pigmen dan suplemen makanan, yang memberi tomat warna merah.

Pigmen ini bisa meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan, mulai dari ukuran, bentuk dan kemampauan “berenang”

Para peneliti mengatakan, temuan inii dapat mengurangi kebutuhan untuk perawatan kesuburan invasif di masa depan.

Sebabnya, lebih dari 40 persen dari semua kasus infertilitas dikarenkan oleh produksi atau fungsi sperma yang abnormal.

Tapi, penting pula untuk dicatat, penilitian ini hanya melibatkan peserta yang sehat.

Debgan kata lain, mengonsumsi likopen sejauh ini hanya terbukti meningkatkan sperma mereka yang sudah sehat.

Penelitian ini dilakukan dengan cara merekrut 60 responden bugar yang berusia antara 19-30 tahun. mereka diminta untuk mengambil dua tablet Lactol ycopene (setara dengan lima kaleng tomat yang dimasak) per hari.

Tapi, hanya setengah dari respondden itu yang diberi pil sungguhan lagi (tanpa sadar) menerima plasebo (obat kosong).

Setelah 12 minggu dari uji coba, para peneliti menemukan mereka yang menggunakan Lactolycopene memiliki hampir 40 perssen sperma yan berenang lebih cepat, serta peningkatan ukuran dan bentuk sperma.

Profesor Allan Pacey, Kepala Departermen Onkologi dan Metabolisme Universitas Sheffield yang juga penulis utama penelitian ini mengungkapakan keterwangannya.

Dia mengaku, semula tidak mengharap pada akhir penilitian akan ada perbedaaan dalam sperma dari pria yang menggunakan tablet berisi Lactolycopene dan plasebo.

Tapi, lanjut Pacey, key=tika hasilnya terungkap, terjadi peningkatan dramatis pada mereka yang mengomsumsi tablet berisi Lacatolycopene.

Namun, co-writer studi Dr Liz Williams, mengatakan, perlu penelitian lebih lanjut sampel lebih besar agar hasil studi lebih komprehensif.