Home NASIONAL Tim Jibom Gegana Meledakan Bom Kaleng Sarden Milik Tersangka Bom Bunuh Diri...

Tim Jibom Gegana Meledakan Bom Kaleng Sarden Milik Tersangka Bom Bunuh Diri Medan

27
0

Indozola – Pada hari rabu 13 November 2019, sebuah bom dalam kaleng sarden ditemukan di tambak mikik Habibullah, salah seorang tersangka kasus bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan.

Bom itu lalu di discrafter atau di ceraiberaikan pada hari kamis pagi dan hasilnya ditemukan potongan besi dan baut.

Tempat discrafter itu dilakukan hanya beberapa meter dari lokasi disposal dua bom di Desa Klupang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang.

Pelaksanaan discrafter berlangsung cepat. tepat pukul 09:00 WIB, asap tipis mengepul di atas bom yang dijnakan itu

Berbeda dengan ketika disposal pertama, dimana area dekat lokasi di [penuhi masyarakat yang penasaran. sekrang tidak begitu banyak masyarakat yang nonton dari kejauhan.

Kasubden Jibom Gegana Brimob Polda Sumut. AKP Daud Pelawi mengatakan, bahan perladak (handak) itu disimpan dalam kaleng sarden.

“Bahan peledak ditemukan di tambak milik Habibullah di Canang Kering, Belawan, ” ujar Daut dilokasi disposal.

“Bom itu disebunyikan didalam tanah sedalam 30-40 sentimeter, sekitar 100 meter dari rumahnya.

Dari penjelasan Daud disposal yang kedua beda dengan yang  dilakukan kemarin, dihancurkan. disposal kedua bom dicerai beraikan dan hasilnya ini ada kaleng sarden, kabel switch indikator dan handak. dalam hal ini pihaknya hanya bantuan teknis.

Pihaknya menangani temuan-temuan yang bersifat bom. hal tersebut dikatakannya ketika ditanya berpa jumlah bom yang ditemukan dan apakah masih ada lagi bom yang lain.

“Kita hanya penanganan dalam penjinakan saja,” katanya.

Dijelaskan Pelawi bom yang baru di discrafter daya ledak termasuk low (rendah) tapi demikian, pihaknya tidak berbicara besar kecilnya, tetapi jumlahnya, apakah ada kaitanya dengan bom yang kemarin, dia memastikan ada keterkaitan.

Daut sempat menunjukan emapt  bungkus plastik yang masing-masing berisi kabel, sejenis bubuk, kaleng, dan potongan besi serta baut.

“Dibanding yang kemarin ini bentuknya beda, tapi bahannya secara sistem mekanisnya hampir sama,” ungkapnya.