Home NASIONAL Tips menghasilkan foto yang mewah menggunakan kamera apa adanya.

Tips menghasilkan foto yang mewah menggunakan kamera apa adanya.

60
0

Bagaimana cara menghasilkan foto yang bagus meski hanya dengan kemera biasa. Banyak fotografer ditantang untuk membuat foto dari kamera murah hingga tempat yang jelek. Mereka diwajibkan menghasilkan foto seperti dari kamera profesional. Adakah tips atau triknya?

Untuk memperoleh foto yang menarik tanpa kamera ataupun alat yang canggih, dibutuhkan kemampuan dari segi melihat dan mengolah foto yang baik.

Pertama yaitu kemampuan melihat cahaya, diantaranya sifat cahaya dan arah cahaya. Dengan itu subjek yang biasa, tapi dengan pencahayaan yang dramatis mampu membuat hasil foto yang memukau mata.

misalnya ketika saya berkunjung ke sebuah kelenteng di Singkawang, melihat ada cahaya yang langsung menyinari ornamen naga, dan latar belakangnya tidak terkena sinar. Hasil dari fotonya jadi menarik sebab ada kontras antara subjek dan latar belakangnya.

Kedua dalam pemilihan subjek yang dipotret juga menentukan hasil potret menarik atau tidak. Misalnya jika kita memfoto sampah, seberapa bagusnya cahaya atau komposisi, namun sampah tetap saja sampah.

Komposisi dan ide dalam foto juga sangat berperan. Komposisi berarti peletakan subjek, elemen-elemen lain, background agar kesannya teratur/teroganisir.

Apabila komposisi tidak diperhatikan, hasil foto juga akan terkesan asal jepret saja. Komposisi yang bagus adalah modal sebuah foto untuk bisa bercerita.

Foto biasa saja karena momen dan komposisinya sesuai, foto ini bisa menceritakan pekerjaan dan lingkungan pekerjaan dari subjek foto.

Editing sangat penting untuk bisa menyempurnakan hasil foto dari alat seadanya. Ketajaman, kontras dan distorsi/penyimpangan lensa dapat kita sesuaikan dan membuat kesan hasil jepretan menggunakan alat foto yang lebih bagus.

Semua hal yang diatas tadi bisa dilatih dan tidak perlu membutuhkan peralatan yang terlalu canggih/mahal.