Home INTERNASIONAL Turki Tangkap 17 Orang Terkait ISIS

Turki Tangkap 17 Orang Terkait ISIS

14
0

Kepolisian Turki pada kamis (7/11) melaporkan telah menangkap 17 warga negara asing yang disuga memiliki hubungan dengan kelompok ISIS.

kantor berita Anandolu seperti dilansir AFP mengungkap ketujuh belas orang yang diamankan ditangkap dan dibawa untuk diintrogasi oleh petugas anti-terorisme di Ankara.

Penangkapan kali ini merupakan upaya lanjutan setelah pekan lalu pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi dinyatakan meninggal dunia. Tak hanya itu, pemerintah Turki juga menyatakan telah menangkap istri pertama al-Bagdadi, Asmara Fauzi Muhammaad al-Qubaysim dan anak perempuanya, Laila jabir,

Presdiden Turki, Recep Tayip Erdogen sebelumnya mengatakan anggota ISIS yang merupakan anak buah al-Baghadi sedang berusaha memasuki Turki melalui suriah. Beberapa di antara telah berhasil diringkus oleh petugas keamanan.

“Semua lingkaran dalam al-Baghdadi sebagian besar menargetkan negara kami dan orang-orang ini mencari cara agar bisa menetap atau datang ke Turki,” ungkap Erdogan seperti dilansir Associated Press.

Erdogan mengatakan para tersangkan ditahan di pusat-pusat penahanan di Turki. Sementara Kementerian Kehaminan Turki akan memutuskan bagaimana menangani kasus mereka.

Sebelumnya Turki menyatakan telah menangkap istri pertama dan anak mendiang al-Baghdadi dalam sebuah operasi penggerbekan di Provinsi Hatay pada 2 Juni 2018.

Dalam operasi itu, aparat membekuk 11 orang yang diduga simpatisan ISIS. Identitas Laila diketahui setelah dilakukan uji DNA.

Setelah Asma, sejumlah pihak kini terus memburu tiga istri mendiang al-Baghdadi. Pemimpin ISIS itu diketahui empat kali menikahi perempuan yang berbeda.

Pemierintah Turki mengklaim telah menagkap saudara perempuan al-Baghadi, Rasmiya Awad (65) di dekat kota Azaz, Aleppo, suriah. Awad dan keluarganya tinggal di sebuah peti kemas bekas.